Pentingnya Penilaian Kinerja Guru (PKG) untuk Pengembangan Karir Guru

Rate this item
(0 votes)

Permenneg PAN dan RB Nomor 16 Tahun 2009 mendefinisikan Penilaian Kinerja Guru adalah penilaian dari setiap butir kegiatan tugas utama guru dalam rangka pembinaan karir, kepangkatan, dan jabatannya. Penilaian ini dilakukan melalui pengamatan dan pemantauan.

Pelaksanaan tugas utama guru tentunya tidak dapat dipisahkan dari kemampuan seorang guru dalam penguasaan pengetahuan, keterampilan, dan sikap dalam melaksanakan tugasnya sebagai pendidik profesional. Hal tersebut merupakan wujud dari kompetensi yang dibutuhkan sebagaimana telah diatur dalam  Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Penguasaan kompetensi guru sangat menentukan tercapainya kualitas proses pembelajaran atau pembimbingan peserta didik dan pelaksanaan tugas tambahan dan/atau tugas lain yang relevan sesuai dengan fungsi sekolah/madrasah.

PK Guru  merupakan sistem penilaian yang  dirancang  untuk  mengidentifikasi kemampuan guru dalam melaksanakan tugas utamanya melalui pengukuran terhadap penguasaan kompetensi yang ditunjukkan dalam unjuk kerjanya. Hasil pelaksanaan PK Guru memiliki dua fungsi yaitu; (1) digunakan sebagai dasar pembuatan perencanaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) guru sebagai guru pembelajar; dan (2) digunakan untuk pemenuhan angka kredit guru dalam kenaikan pangkat dan jabatan.

PK Guru dilaksanakan dengan tujuan sebagai berikut:

  1. Menilai kemampuan guru dalam menerapkan semua kompetensi yang diperlukan pada proses pembelajaran, pembimbingan, atau pelaksanaan tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah.
  2. Menjamin bahwa guru melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya secara profesional.
  3. Menentukan persentase perolehan hasil penilaian kinerja untuk perhitungan angka kredit yang diperoleh guru atas kinerja pembelajaran, pembimbingan, atau pelaksanaan tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah yang dilakukannya pada tahun berjalan.
  4. Menjadi dasar untuk menyusun program pengembangan keprofesiannya sebagai guru pembelajar.

Berikut Komptensi dan cara menilai untuk Guru Kelas/Mata Pelajaran

  1. Responden dari Teman Guru Sejawat, komponen yang dinilai : perilaku guru sehari-hari, hubungan guru dengan teman sejawat, prilaku guru profesional
  2. Responden dari Siswa, komponen yang dinilai : penguasaaan materi, kemahiran dalam mengajar, perlaku guru sehari-hari, hubungan sosial dengan peserta didik
  3. Responden dari Orang tua siswa, kompinen yang dinilai komunikasi dan kepercayaan dalam memberikan pendidikan kepada pserta didik
  4. Pengamatan / pemantauan dari Kepala Sekolah / Penilain :

 

 

 

Last modified on Thursday, 04 March 2021 02:35
Admin | Damir

Data dan/atau informasi termasuk gambar/foto/video/audio/flash yang tersedia di website ini hanya sebagai berita/informasi belaka. Walau kami berusaha untuk menampilkan data dan/atau informasi seakurat mungkin, kami tidak bertanggung jawab atas kerugian yang timbul karena tindakan yang berkaitan dengan penggunaan data/informasi yang disajikan. Bila ingin mendapatkan data valid maka prosedur kedinasan seharusnya ditempuh. Terima Kasih atas pengertiannya.

More in this category: « Daftar Website Penting

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.